3 Manfaat Steril Kucing yang Perlu Anda Ketahui

3 Manfaat Steril Kucing yang Perlu Anda Ketahui

Merawat binatang seperti kucing bukanlah hal yang mudah. Anda harus tekun dan mengetahui perawatannya agar kucing yang Anda miliki bisa tetap sehat. Merawat kucing tidak hanya memberikan makan dan tempat tinggal saja, namun, Anda harus rutin memandikan dan menjaga kebersihan kandangnya, ada satu perawatan yang juga diperlukan jika sudah tiba waktunya, yaitu steril kucing. Berikut ini informasi mengenai sterilisasi kucing dan manfaatnya.

Manfaat Sterilisasi Kucing

Sterilisasi adalah tindakan pengangkatan testis pada kucing jantan serta pengangkatan ovarium pada kucing betina. Sterilisasi ini ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mengontrol kehamilan dan jumlah kucing. Ternyata sterilisasi ini bisa memberi manfaat kesehatan untuk kucing, baik itu kucing jantan maupun kucing betina. Berikut ini manfaat sterilisasi pada kucing.

1.      Sterilisasi Kucing Jantan

Sterilisasi ini bisa dilakukan pada kucing jantan maupun kucing betina. Manfaat kesehatan juga bisa didapatkan selama pensterilisasian kucing dilakukan dengan cara yang tepat dan waktu yang pas. Ada beberapa manfaat steril pada kucing jantan, seperti berikut ini.

a.       Menurunkan Risiko Kanker Testis

Kucing jantan yang sudah di steril biasanya lebih jarang mengalami kanker testis. Bagi Anda yang memiliki kucing jantan, sebaiknya lakukan pensterilan saat kucing berumur sebelum 6 bulan. Karena jika Anda melakukan pensterilan sebelum umur 6 bulan, kucing Anda akan mendapatkan manfaat sehat ini.

b.      Menghindari Cedera

Biasanya kucing jantan yang birahi akan bertengkar untuk merebutkan seekor kucing betina. Saat kucing jantan bertengkar, ada kemungkinan kucing mengalami cedera atau luka-luka. Nah, dengan Anda melakukan sterilisasi ini, risiko pertengkaran kucing bisa dihindari.

c.       Menurunkan Risiko Penyakit

Sterilisasi juga bisa mengurangi risiko penyakit pada kucing peliharaan, salah satunya penyakit menular. Menetralisasi kucing bisa menurunkan risiko penyakit seperti leukemia dan FIV.

2.      Sterilisasi Kucing Betina

Selain untuk kucing jantan, sterilisasi pada kucing betina juga bisa memberi manfaat sehat. Namun sama halnya dengan kucing jantan, penetralisasian harus dilakukan dengan cara yang tepat dan waktu yang pas. Berikut ini manfaat sterilisasi pada kucing betina.

a.       Menurunkan Risiko Tumor

Sterilisasi pada kucing betina disebut bisa menurunkan risiko tumor. Prosedur ini bisa membantu menurunkan risiko tumor kelenjar susu pada kucing betina. Sterilisasi ini juga bisa menurunkan risiko kucing betina mengembangkan tumor ganas di ovarium dan rahim.

b.      Mencegah infeksi

Sterilisasi ini juga bisa menurunkan risiko pyometra. Penyakit ini bisa terjadi karena ada infeksi serius yang berkembang di rahim kucing.

c.        Persalinan Menghilang

Setelah Anda melakukan sterilisasi pada kucing betina, kucing betina tidak akan hamil dan melahirkan. Artinya kucing betina tidak akan mengalami komplikasi serius saat melahirkan yang bisa membahayakan nyawanya.

Itulah informasi mengenai steril kucing dan manfaatnya. Jadi jika Anda mempunyai kucing peliharaan, ada baiknya Anda melakukan sterilisasi pada kucing Anda, apalagi bagi Anda yang mempunyai kucing jantan dan betina namun tidak ingin tambah banyak.

Others