Cara Mengatasi Anak Susah Makan Yang Wajib Bunda Tahu

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Yang Wajib Bunda Tahu

Anak susah makan kerap menambah tantangan bunda saat mengasuh anak. Padahal di usianya, asupan gizi pada makanan sangat dibutuhkan agar perkembangan anak menjadi terjaga.

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi anak susah makan, bunda harus tahu apa yang menyebabkan anak susah makan. Berikut beberapa penyebabnya :

1. Terkena diare

Jika anak nafsu makannya bagus dan tiba-tiba tidak mau makan, biasanya dikarenakan diare yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Lihat apakah anak bunda sering mengeluh sakit perut atau tidak.

2. Sembelit

Selanjutnya, nafsu makan anak bisa hancur karena masalah sembelit. Sembelit merupakan kondisi di mana anak tidak bisa BAB dengan lancar. Jika sudah susah BAB, biasanya anak menjadi malas makan.

3. Intoleransi makanan

Ini adalah kondisi di mana tubuh anak tidak mau mencerna makanan yang diberikan. Intoleransi makanan berbeda dengan alergi makanan. Intoleransi makanan bisa disebabkan karena sakit perut, mual dan masalah lainnya.

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Setelah tahu penyebab anak menjadi susah makan, selanjutnya ketahui cara untuk mengatasinya. Berikut cara-cara yang bisa dicoba :

1. Berikan anak porsi makan kecil tapi sesering mungkin

Jika memberikan anak porsi besar saat nafsu makan dirinya berkurang, sudah pasti anak tidak mau memegang makanannya.

Oleh karena itu, bunda harus memberi sedikit pendekatan. Misalnya, dengan memberi anak porsi makan kecil terlebih dahulu. Tapi berikan porsi tersebut sesering mungkin.

Misalnya, jika biasanya anak makan 3 kali sehari, bunda bisa memberikan anak makan hingga 5 kali sehari dengan porsi kecil terlebih dahulu.

2. Buat jadwal makan

Jika anak susah makan, disarankan menbuat jadwal makan. Misalnya tiga kali makan utama dan dua kali makan selingan. Hal tersebut sangat bagus untuk rutinitas anak yang susah makan.

Dengan jadwal tersebut, anak menjadi tahu apa yang harus ia lakukan di waktu tersebut. Pastikan anak taat jadwal makan. Bunda sebisa mungkin harus memaksa anak agar taat jadwal.

Untuk makanan selingan, bunda bisa memberikan susu dan camilan yang anak sukai. Berikan dalam jumlah yang agak besar supaya anak menjadi terbiasa.

3. Sajikan makanan dengan tampilan yang menarik

Anak sangat suka dengan sesuatu yang tampilannya sangat menarik. Oleh karena itu, bunda bisa membuatkan makanan dengan tampilan yang menarik.

Misalnya menambah hiasan buah-buahan atau sayuran di sekitar makanan. Berikan anak nasi yang berbentuk wajah. Tambahkan wortel dan sayuran di sampingnya. Lauknya juga bisa dibuat sebagus mungkin.

Cara ini bisa dicoba jika anak enggan makan karena nafsu makannya berkurang. Tapi jangan terlalu sering memberikan makanan yang seperti ini. Bunda harus lebih sering berkreasi agar anak tidak bosan.

Itu penyebab dan cara mengatasi anak yang susah makan. Bunda tentunya harus lebih bijaksana meskipun anak susah makan. Pendekatan yang baik sangat penting agar anak tidak susah makan lagi.

Parenting