Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Yang Bantu Cegah Penurunan Kesehatan

Manfaat Konsumsi Kopi Hitam Yang Bantu Cegah Penurunan Kesehatan

Kalian tim kopi susu atau tim kopi hitam? Kopi menjadi salah satu jenis minuman yang cukup banyak penikmatnya. Salah satu minuman yang dulu dilabeli sebagai teman begadang, kini banyak dikonsumsi saat nongkrong atau santai dirumah. Selain mudah ditemukan di beberapa café, minuman ini sudah ada dalam bentuk saji dan mudah ditemukan di supermarket terdekat. Tapi, tahukah kalian jika manfaat kopi hitam lebih baik untuk tubuh?

Kopi hitam adalah kopi yang hanya diseduh menggunakan air panas saja. Kopi hitam bisa menyisakan ampas ataupun sudah disaring menggunakan filter. Jenis kopi ini memang cenderung kurang disukai karena memiliki rasa pahit dan terkadang ada juga rasa masam yang menyertai. Namun, ada banyak sekali manfaat kopi hitam yang baik untuk kesehatan tubuh selain bisa menjadi booster semangat kamu.

Penasaran bukan apa saja manfaat kopi hitam yang baik untuk kesehatan? Simak ulasannya berikut untuk memperkaya informasi kalian.

  1. Menurunkan resiko diabetes

Kopi hitam yang dikonsumsi setiap hari tanpa gula baik masih tersisa ampas maupun tidak, bisa mendukung kesehatan tubuh. Tidak menambahkan gula dalam kopi mampu mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh. Kafein sendiri bisa mendukung pembentukan insulin dalam tubuh sehingga mendukung pencernaan glukosa. Hal ini dikarenakan kopi mengandung senyawa polifenol yang akan berimbas pada metabolisme gula dalam tubuh sebagai berikut.

  • Menurunkan kemampuan usus menyerap karbohidrat
  • Meningkatkan penyerapan glukosa dalam otot
  • Menurunkan penumpukan glukosa dan kolesterol dalam liver
  • Mendukung pembentukan hormon incretin yang bisa mengendalikan kadar gula dalam darah.
  1. Mencegah gagal jantung

Konsumsi kopi hitam dengan porsi 2 – 4 cangkir sehari, bisa mendukung kesehatan jantung. Kopi hitam tanpa gula, bisa menurunkan pembentukan kolesterol dalam liver dan juga bisa mendukung kinerja hormon incretin dalam mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Sebab itu, potensi gagal jantung bisa diminimalkan. Meskipun reaksi konsumsi kopi sendiri terkadang membuat jantung berdebar saat mengkonsumsinya. Namun, bisa konsultasikan dengan dokter bila memiliki Riwayat penyakit.

  1. Membantu menurunkan kemungkinan Parkinson dan Alzheimer

Siapa sangka bila kopi hitam yang dikonsumsi setiap hari bisa menurunkan risiko Parkinson dan Alzheimer? Parkinson merupakan penyakit saraf yang membuat penderitanya tremor, memiliki penurunan reflex postural dan memiliki tubuh kaku. Sedangkan Alzheimer atau demensia merupakan penyakit pikun yang terkadang dialami lansia. Kandungan kafein dalam kopi bisa menurunkan resiko kedua penyakit tersebut dan bisa meningkatkan kemampuan neuron dopaminergic dalam otak.

  1. Mendukung kesehatan liver

Salah satu kandungan dalam secangkir kopi adalah antioksidan. Kandungan ini membantu meregenerasi sel rusak akibat radikal bebas. Liver sendiri merupakan organ tubuh yang bertugas dalam menetralisir racun dalam tubuh. Sebab itu, penting untuk menjaga kesehatannya dengan konsumsi secangkir kopi tanpa gula per harinya. Terlebih jika mengonsumsi kopi kaya antioksidan seperti kopi hijau.

Others