Vitamin Untuk Orang Tua Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Vitamin Untuk Orang Tua Agar Terhindar dari Berbagai Penyakit

Defisiensi mineral dan vitamin pada Anda atau khususnya pada orang tua memiliki resiko mengganggu kesehatan dan rawan terjangkit berbagai jenis penyakit, mulai dari penyakit yang disebabkan karena infeksi, mudah pilek, demam dan cepat merasa lelah. Maka dari itu sangat penting untuk mengetahui jenis vitamin untuk orang tua agar tidak mudah sakit.

Nah, jenis mineral dan vitamin seperti apa yang dibutuhkan ? silahkan simak penjelasannya dibawah ini.

1.       Zat Besi

Terdapat sebuah jurnal penelitian yang dilakukan di tahun 2004 silam menyatakan bahwa kekurangan asupan zat besi berhubungan dengan gangguan sistem imunitas tubuh. Kondisi fisik yang telah menurun, dapat terbantu jika asupan zat besi tercukupi sebab mineral tersebut memiliki dampak terhadap kemampuan tubuh seseorang melawan penyakit atau berbagai jenis infeksi lain.

2.       Vitamin B6, B12, Asam Folat

Setiap orang khususnya para orang tua yang memiliki usia lanjut diatas usia 50 tahun, biasanya mengalami berbagai hambatan saat menyerap nutrisi seperti vitamin B6, vitamin B12 serta asam folat. Padahal kehadiran vitamin untuk kekebalan tubuh ini mempunyai peran sangat penting dalam mendukung proses  metabolisme pada tubuh manusia yang berpengaruh terhadap kinerja sistem kekebalan tubuh menjadi jauh lebih baik.

3.       Vitamin E

Beberapa penelitian setuju bahwa terdapat suatu hubungan antara imunitas, asupan vitamin E, serta kualitas hidup manusia. Tubuh yang mempunyai vitamin E yang tinggi pada tubuh, akan mempunyai status kesehatan jauh lebih bagus. Vitamin E yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh para lansia tersebut berperan sebagai antioksidan dan mampu meningkatkan respons saat tubuh mengalami peradangan dan mempengaruhi daya tahan tubuhnya.

4.       Vitamin D

Vitamin untuk orang tua agar tidak mudah sakit berikutnya adalah vitamin D, terdapat sebuah studi dari Journal of Investigative Medicine mengatakan bahwa vitamin D bukan hanya berfungsi untuk kesehatan tulang saja, namun juga dapat menjaga fungsi dari sistem kekebalan tubuh.

Vitamin D juga bisa memodulasi respons sistem imun bawaan seperti eosinofil, basofil, neutrofil serta respon imun adaptif. Dengan mengkonsumsi asupan vitamin satu ini, seorang lansia bisa terbantu dalam hal menjaga fungsi dari sistem kekebalan tubuh mereka agar tetap stabil dan tidak mudah terserang berbagai penyakit.

5.       ZINC

Zinc adalah salah satu bentuk nutrisi esensial untuk sistem imun tubuh. Mineral satu ini harus diperhatikan asupannya sebab termasuk sering terjadinya defisiensi zinc atau berkurangnya kandungan zinc pada tubuh lansia karena penuaan yang terjadi. Dengan asupan zinc tersebut seorang lansia dapat mengaktifkan lagi sel T di tubuhnya agar bisa mencegah terjadinya infeksi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kesehatan