Waspadai 5 Bahaya Kekurangan Vitamin B

Waspadai 5 Bahaya Kekurangan Vitamin B

Makan merupakan kebutuhan hidup manusia untuk menunjang aktivitas harian, masa pertumbuhan dan peningkatan kinerja organ tubuh. Bila asupan nutrisi yang masuk ke tubuh kurang bergizi, maka risiko tubuh tidak bisa beraktivitas produktif bisa terjadi. Ada baiknya Anda memastikan bahwa asupan makan memenuhi kebutuhan gizi harian, ya! Jangan sampai Anda kekurangan mineral dan vitamin yang acap diabaikan. Padahal, manfaat vitamin B sangat baik untuk memenuhi energi selama beraktivitas berat, apalagi pada masa puasa.

Jika tubuh kekurangan vitamin B

Seperti yang diketahui bahwa manfaat vitamin B bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan, misalnya daging, ikan, sayuran hijau, yoghurt, kacang-kacangan, dan lain-lain. Tergantung jenis vitamin B yang dibutuhkan, tetapi manfaat B kompleks sangat penting untuk kesehatan Anda. Yuk, ketahui dampak negatif tubuh bila kekurangan vitamin B berikut!

1. Gampang lelah

Tidak hanya pada masa puasa saja, tetapi orang yang kekurangan vitamin B cenderung gampang lemas dan lelah. Hal ini disebabkan tubuh kekurangan vitamin B yang berfungsi memproduksi sel darah merah dan memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh.

2. Sariawan dan glossitis

Orang yang kurang mendapat asupan vitamin B akan terkena penyakit sariawan dan glositis atau lidah meradang. Lidah bisa menjadi merah atau bengkak sehingga sangat sakit digunakan untuk berbicara atau makan.

3. Suasana hati menjadi lebih buruk

Tidak hanya pada orang dewasa saja, kekurangan vitamin B pada anak bisa membuat suasana hati mereka menjadi lebih buruk. Anak menjadi bad mood dan tidak semangat menjalani hari-hari. Anak yang kurang vitamin B kompleks akan menjadi pemarah, mudah tersinggung dan kerusakan pada jaringan otak, lhoa!

4. Napas pendek dan pucat

Orang yang kekurangan vitamin B punya napas lebih pendek sebab tubuh kekurangan produksi sel darah merah. Mereka juga akan rentan terkena anemia sehingga terlihat lebih pucat dan tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas harian.

5. Gangguan sistem saraf

Hati-hati dengan dampak kesehatan akibat kekurangan vitamin B yang cukup fatal yaitu terjadinya perubahan gerakan. Defisiensi vitamin B membuat tubuh mengalami ketidakseimbangan gerakan dan koordinasi dengan otak.

Kesulitan bergerak, berjalan atau melakukan aktivitas fisik bisa membuat Anda rentan terjatuh atau pingsan kapan saja. Oleh sebab itu, asupan nutrisi yang kaya vitamin B mulai B1 hingga B12 harus terpenuhi setiap hari.

Dampak buruk kekurangan vitamin B harus Anda pahami agar bisa memberikan asupan nutrisi yang lengkap untuk diri sendiri dan keluarga. Tubuh yang sehat tanpa risiko mudah lelah saat aktivitas akan mendukung produktivitas harian Anda. Manfaat vitamin B bisa membuat Anda lebih aktif dan bisa berpikir lebih baik dalam melakukan kegiatan apa saja. Tingkatkan suasana hati yang baik dengan konsumsi camilan sehat kaya vitamin B diantara waktu makan, ya!

Kesehatan